Hey Dude, What's Your Ploblem?

on 11:05 AM

Iseng sambil nunggu setup, akhirnya datanglah sesi melamun ane...maklum lah, trader bodoh mau ngapain kalo gak ngelamun? hehehe. Ane jadi bertanya ke diri ane, kenapa sekarang prosentase loss berkurang tapi profit tetep aja gak berkembang pesat, masih 50:50 gitu. Akhirnya ane sadari kalo ada satu masalah besar dalam trading style ane: RAGU! Satu hal, tapi fatal. Contoh, udahlah naroh PO di area yang tepat, tapi malah didelete gara-gara ngeri liat price yang mendekat. Pada akhirnya ternyata setup tadi bener, mau masuk udah telat. Hadeeeehh. Keraguan juga sering muncul saat posisi udah tereksekusi trus muncul deh pertanyaan "bakal sampe tp ndak neh? bakal balik arah ndak neh? bakal profit gak neh? jangan-jangan SL kena nanti..." dan akhirnya setup di close dan ternyata masih melaju dengan santainya! Aaaarrrrggggg....kini ane sadar kalo setan itu ada dan adalah diri ane sendiri.



Ane coba analisis satu persatu sambil ditulis dibuku, dan ini yang ane temukan. Hal-hal yang sangat berpotensi membuat ane ragu-ragu dalam mengambil posisi dan juga solusinya.

1. Money Management. Ini yang paling penting. Keinginan untuk cepat profit, keinginan untuk selalu dapet duit dan gak mau terima kekalahan adalah penyebab utamanya. Yang penting ternyata bukan "mau profit berapa" tapi "berani loss berapa". Makanya jangan pasang lot gajah!!

2. Skenario. Ane udah punya skenario trading, tapi sering ane gak lakuin or malah lakuin yang gak ada di skenario. Termasuk OP diarea yang "sepertinya" tepat. Padahal ane ndak tau betul alasan kenapa op disitu. huh. So, OP diarea yang diketahui alasannya kenapa!! Oke brot?

3. Pasang PO, TP, SL, dan Trailing stop. Lalu.....tinggal!! Main kemana kek, jalan-jalan, nonton, tidur, apa ngerjain skripsi gitu.(yang terakhir paling males ), Jangan liatin chart deh, serius..yang ada cuma khawatir dan khawatir.

Itu dulu..besok diupdate lagi kalo inget.

0 comments:

Post a Comment