Ketika Loss Menyapa

on 10:13 PM

Hiks...sedih bray minggu ini berad beeuuddd....loss hampir 20% dari balance. #mewekdipojokkan

Ada kalanya profit, ada kalanya loss. Namanya juga bisnis...tapi kalo udah loss gini kita harus mulai koreksi diri. Ane mulai mewawancarai diri ane sendiri....


  1. Kenapa loss? Apa market yang gak sesuai atau ente yang gak disiplin? Jujur...loss minggu ini karena ane gak disiplin. Ane lebih banyak masuk market karena greed. Menebak-nebak market mau kemana, padahal strategi ane bukan prediksi tapi aksi. Lebih dari 50% posisi yang ane mainkan semuanya prediksi bukan aksi. Ane sering masuk ke TF M5 or M15 padahal biasanya H1. Udah gitu main dengan strategi yang belum ane backtest walaupun strateginya mirip dengan yang ane pake. Padahal niat awal ane pake TF H1 adalah biar trade nyante gak kemrungsung, tapi ane malah agresif banget di TF2 kecil.
  2. Kok bisa loss gedhe? Apa MMnya udah disiplin? Kalau untuk pengambilan porsi sepertinya udah cukup disiplin dengan maximal loss 10% dari balance. Tapi disiplin untuk take profit ataupun set BEP yang ane kurang. Ane merasa dendam dengan market dan ingin mengambil kembali uang ane dengan tidak set BEP atau taking profit 50% di 1:1. Ane malah biarkan itu tanpa BEP yang akhirnya tiba-tiba market berubah arah dan menghantam SL ane.
  3. Next step apa yang harus dilakukan?  Ini list yang harus dilakukan: 
    1. Harus kembali ke strategi semula dengan acuan di TF H4 dan trigger di TF H1. Sadari bahwa ide awal strateginya adalah supaya psikologi tenang dan trading terjaga. 
    2. Harus selalu ingat bahwa trading ane adalah aksi bukan prediksi. Artinya gak usah prediksi market mau gimana, tapi kalo market begini kita begini..kalo begitu kita begitu. 
    3. Disiplin MM harus sangat ditekankan. Gak boleh balas dendam dengan market. Ketika udah nyampe RR 1:1 harus close 50% atau set BEP. Jangan sampai dilanggar. Seyakin apapun ane dengan arah market, disiplin ini yang harus dikedepankan. Ane tidak bisa memprediksi market, ane gak bisa menentukan arah market, semua kemungkinan selalu ada meskipun kita yakin sekali terhadap market.
    4. Pegang prinsip ini: lebih baik gak dapat duit daripada kehilangan duit!!

4 comments:

Unknown said...

Siang gan, mau tnya neh. Jdi menurut agan sndiri gmna ? Apakah insta itu aman. Dan klau emang mulai 5 kei s/d 6blan kdpn gk bsa dw. Y sma ja dong
Mohoon pndpatnya .

PakDhe said...

@gan kelvin

Well, saya sempet di insta sekitar 1,5 tahun, pernah ada masalah WD tapi alhamdulillah teratasi. Tapi saya sendiri kurang sreg dengan kebijakan insta soal LR kemarin. Saya ndak bisa bilang aman or gak, tapi kalau agan mau trading disana saran saya jangan terlalu banyak uangnya. Taroh aja uang yang agan siap ilang semua. hehehe

Unknown said...

menurut ane sih sekarang trader tinggal mencari review dari temen - temen trader yang sudah menggunakan broker yang sekarang banyak beroperasi di indonesia. ane sekarang menggunakan octafx sebagai broker. kalau ane sih melihat broker ini pada awalnya tertarik dengan welcome bonus 8$. setelah ane coba, ane nyaman dengan Floating spread mulai dari 0,2 pips

Usep Somad said...

Loss memang hal yang wajar yang mungkin kita jumpai dalam kesempatan kita menjalankan trading forex. namun kita harus dapat mengambil pelajaran agar pada kesempatan berikutnya kita dapat lebih baik dalam menjalankan trading dan terhindar dari mengalami loss dalam trading. tingkatkan terus kemampuan serta pengetahuan trading kita agar bisa semakin matang dan siap dalam menjalankan kesempatan live trading dengan hasil yang memuaskan. saat ini saya memanfaatkan fasilitas akun demo di OctaFX sebagai sarana bagi saya melatih dan mengasah kemampuan trading yang saya miliki agar dapat lebih baik lagi.

Post a Comment