Emas Mulai Impoten?

on 9:21 AM

Hari Jum'at 13 April 2013 kemarin bisa jadi hari yang cukup menyedihkan buat sebagian trader (terutama teman-teman ane) karena.....Isa Raja tereliminasi dari X-Factor! Ampun...itu orang keren banget kok bisa keluar dari X-Factor, padahal dia jagoan ane..emang sih ane gak ikutan sms...tapi kan sedih juga... Woooyyyy!!! Apa hubungannya ama trading??? Ups, sorry....

Bertepatan dengan Isa Raja keluar dari X-Factor (Isa Raja lagii.....)
hari itu pula emas memecah harga terendah tahun lalu yang juga adalah support yang sangat kuat karena jelas terlihat 3x harga mental di situ. Namun akhirnya...support kuat di kisaran harga 1530an itu akhirnya pecah...pecaahh...pecaahhhhh....(halah) dan ditutup di angka 1485an dengan solid strong bear candle di weekly timeframe. Banyak yang menunggu untuk buy diangka 1530an itu dan banyak juga yang berakhir dengan MC. Namun sejujurnya...saya seneng gold bisa turun. Kenapa? Karena artinya gold menunjukkan kenormalan market. Banyak orang berfikir emas selalu naik, tapi bagi ane, harapan tersebut terlalu muluk. Emas adalah dagangan, dan barang dagangan selalu ada fase naik dan turun. Gelombang naik turun harga itu sudah hukum pasar, jadi jangan selalu berharap untuk selalu naik, apa lagi kenaikan drastis.

Let's take a look at this chart... (sok nginggris...)
La trus itu apa yang menyebabkan turun? Selalu aja pertanyaan itu muncul...dan jawaban terbaik yang ane bisa kasih adalah: karena pada ambil posisi sell. La kenapa pada sell? Karena turun, makanya pada sell. Jawabannya bego banget ya? wakakakka....

Katanya sih...katanya lo ya, ane juga gak tau..gara-gara Cyprus (negara mana pula itu...gak pernah denger, keknya di peta juga gak ada...hahaha) mo jual emas yang mereka punya biar bisa keluar dari krisis. Emas yang konon katanya sebnyak 1,sekian ton itu akan dijual dan dibelikan euro. Kalo itu beneran, katanya lagi, emas bakal melemah namun euro akan menguat. Penurunan emas juga, katanya, karena ekonomi global mulai membaik. Makanya investor mengalihkan uangnya untuk membeli aset-aset yang lebih menjanjikan. Katanya lo ya...ane juga gak tau aslinya. wekekeke.

Trus gimana donk?
Nah ini yang penting....kita mah gak penting harga turun karena apa dan naik karena apa, yang penting buat kita adalah ketika harga turun kita musti ngapa, ketika harga naik kita musti apa. Itu aja...gak perlu repot-repot memprediksi harga mau kemana.

so...karena support kuat di 1530 udah lewat, dan sebagaimana teori klasik SR...maka 1530 ini akan jadi resistance yang cukup kuat. Ane sih mungkin amblil sell kembali di 1530an ini. Tapi bias bearish saya akan berubah bullish jika harga bisa kembali ketas 1530an.

Trus apakah ini saat buat beli emas?
Buat investor fisik emas, saat ini bisa dikategorikan emas sedang murah. Dan untuk investasi jangka panjang sih beli sekarang ndak masalah. Atauuu...nunggu turun lebih dalam lagi. Masih mungkin kah? Mungkin aja...kenapa gak?

0 comments:

Post a Comment