Profit Itu Relatif, Loss Itu Pasti!!

on 6:48 PM


Banyak orang terjebak dengan banyak hal - entah iklan maupun ucapan kawan - yang mengatakan kalau trading adalah mudah dan bisa bikin keuntungan berlipat. Termasuk ane. Tergiur akan keuntungan trading membuat ane ikut terseret dengan arus trading. Trus sekarang ane kaya? Kagak..utang dimana-mana malah. hahaha. Di awal masuk dunia trading, entah kenapa dapat profit itu hal yang mudah, tapi lama kelamaan ane yakin itu hanyalah faktor beginner luck! As we know, it's just a luck in the beginning.



Semakin kesini, semakin banyak loss yang didapat akhirnya membuat ane berfikir, ternyata trading tidak semudah yang ane kira. Well, persepsi ane tentang sulit dan mudah pun akhirnya berubah. Buat ane naik mobil itu sulit, tapi buat ente mungkin mudah. Kenapa? Karena ane gak bisa naik mobil dan ente bisa. Ya cuma segitu doank, bisa dan tidak. Yang bisa ya mudah yang kagak bisa ya sulit. Kalo perkaranya adalah bisa atau tidak maka thank GOD we have the opportunity to learn. Bisa dan tidak itu cuma masalah belajar kok.

Akhirnya ane pun mulai mempelajari satu sistem, lompat ke sistem lain, lari lagi ke sistem yang lain sampai ane sadar bahwa tidak ada sistem yang sempurna! Awalnya ane berharap bertemu sistem yang kalau begini maka begitu dan tidak perlu berpusing-pusing ria. Coba satu sistem, berhasil tapi kemudian loss. Pindah ke sistem lain, berhasil dan kemudian loss lagi. Sampai banyak teknik ane coba tapi selalu ada hasil dan loss, bahkan ada yang cuma loss. Tapi kini ane sadar, gak ada sistem semudah dan sesempurna itu! Sampai ane menghasilkan kesimpulan profit itu relatif, tapi loss itu pasti (terinsiprasi dari ganteng itu relatif dan jelek itu mutlak. hahaha). Oke, kesimpulannya, ente bakal lebih bertahan di forex kalau ente siap untuk loss daripada siap untuk profit.

*hapus air mata, abis loss gedhe-gedhean*

0 comments:

Post a Comment